8 Tips Cek Mesin Mobil Bekas Berkualitas Ala Otoklix

Bagi Anda yang tertarik membeli mobil bekas tentunya ingin mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang masih mulus dan bagus. Apalagi jika ditambah dengan mesin yang berkualitas. Simak ulasan di bawah ini mengenai tips cara cek mesin mobil bekas berkualitas ala Otoklix. Anda juga bisa melakukan perawatan mesin mobil di bengkel umum terpercaya dengan booking lewat aplikasi bengkel mobil.

Tips Cek Mesin Mobil Bekas Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membeli mobil bekas adalah  mengecek kondisi fisik mobil terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda dapat melihat dan mengamati ruangan mesin mobil bekas, dari sana Anda dapat mengetahui apakah mobil pernah turun mesin atau tidak.

Cara mengeceknya adalah dengan membuka kap mesin dan melihat sekeliling mesin mobil. Jika cat di dalam kap mesin terlihat masih bagus atau baru maka bisa dikatakan mobil tersebut belum pernah overhaul atau turun mesin.

Ruang mesin yang pernah di cat adalah indikasi bahwa mesin pernah diturunkan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti bekas tabrakan atau karena mobil tersebut bekas terkena banjir dan sebagainya. Kemudian Anda juga bisa ikuti tips di bawah ini:

1. Cek Ada atau Tidaknya Kebocoran Oli

Pada ruang mesin mobil, Anda dapat mengecek secara detail dengan memastikan tidak ada kebocoran oli atau BBM. Karena salah satu indikasi mobil yang terawat adalah tidak adanya kebocoran pada mesin tersebut. Oleh karena itu, Anda wajib mengamati satu per satu bagian yang ada pada mesin mobil, termasuk rembesan oli dan cairan lainnya. Pastikan pula baut dan mur pada mobil tidak cacat ujungnya.

Pada dasarnya, kebocoran oli dalam jumlah kecil biasa terjadi pada sejumlah merek mobil. Namun, jika terdapat noda oli yang banyak cukup banyak pada mesin, bisa jadi itu pertanda adanya kerusakan komponen internal mesin.

2. Cek Mobil dalam Keadaan Mesin yang Menyala

Anda dapat langsung menghidupkan mesin kendaraan untuk mengecek kualitas mobil bekas yang Anda inginkan. Apabila mobil langsung menyala saat pertama kali dihidupkan, hal tersebut akan menjadi pertanda baik karena mesin masih dalam keadaan normal. Namun sebaliknya, jika mesin harus dinyalakan beberapa kali, maka kemungkinan besar terdapat masalah dalam sistem pengapian atau mesin.

3. Cek Bau Mesin pada Mobil

Setelah mengecek mobil dengan cara menyalakan mesin, cobalah kendarai mobil tersebut dalam beberapa menit. Setelah itu, matikan mobil, buka kap mesin, dan periksa apakah terdapat bau mesin. Bau mesin sendiri dapat disebabkan dari pembakaran yang tidak sempurna dan level oli yang rendah. Bau hangus terbakar ini juga merupakan pertanda bahwa ada komponen yang aus dan harus segera diganti di dalam mesin.

4. Cek Suara Mesin  Mobil

Suara mesin yang telah berhasil menyala dapat Anda dengarkan dengan seksama. Suara mesin mobil yang bermasalah biasanya cenderung lebih kasar dan keras. Anda juga dapat mengecek dengan memperhatikan secara detail apakah ada suara yang tidak wajar keluar dari mesin.

5. Perhatikan Getaran Mobil

Apabila terdapat getaran yang tidak wajar atau tidak seirama pada mobil, maka dapat dikatakan bahwa mesin mobil tersebut bermasalah pada engine mounting atau sistem kelistrikan yang tersendat sehingga mengakibatkan mesin dalam keadaan “pincang”.

Untuk menghindari masalah yang berkelanjutan, apabila ditemukan getaran yang tidak wajar pada mobil tersebut, Anda disarankan lebih baik mengganti target mobil bekas tujuan Anda.

6. Perhatikan Indikator pada Speedometer

Saat Anda menghidupkan mesin, pastikan Anda memperhatikan lampu indikator pada dashboard tidak ada yang menyala. Anda juga dapat menekan gas perlahan lalu lepas untuk melihat turunnya jarum RPM.

Mobil bekas dengan Speedometer yang ideal tentunya akan memiliki jarum RPM yang stabil. Selain itu, pastikan lampu indikator, layar, layar digital untuk menampilkan kamera belajar atau pemutar musik berfungsi dengan baik dan optimal.

7. Cek Timing Belt

Berikutnya, tips jitu untuk mengecek mesin mobil berkualitas adalah melihat kondisi timing belt. Bagian ini merupakan sabuk yang harganya cukup mahal apabila harus diganti.

Untuk mencegah biaya tak terduga yang bertambah ketika memutuskan membeli mobil bekas, maka Anda dapat memastikan terlebih dahulu bagian timing belt ini. Pastikan pula timing belt atau timing chain dalam kondisi yang bagus dan tidak mengalami kerusakan.

8. Cek Gas Buang pada Knalpot

Langkah terakhir adalah Anda dapat beralih pada bagian knalpot dan gas buangnya. Biasanya, mobil yang bermasalah dapat diketahui saat ada gas yang tidak wajar keluar dari knalpot.

Asap warna hitam pada mobil terindikasi disebabkan oleh adanya pembakaran yang tidak sempurna. Namun, jika asap yang keluar berwarna putih, maka mobil terindikasi memiliki campuran oli yang menempel di dalam ruang pembakaran mesin.

Itulah tips cara cek mesin mobil bekas berkualitas. Anda dapat pula meminta bantuan teknisi profesional dari bengkel terdekat untuk mengecek mesin mobil bekas incaran Anda. Untuk informasi seputar dunia otomotif, Anda bisa kunjungi website Otoklix.